5 Istana Kepresidenan yang Pernah Kebakaran

Istana kepersidenan merupakan istana yang digunakan presiden berkantor dan kerja terkadang presiden juga tinggal di dalam istana tersebut. Nah baru baru ini istana negara Indonesia mengalami kebakaran untungnya tidak ada dokumen penting tang terbakar namun tahukah kamu selain istana negara di Indonesia ternyata istana presiden di Negara lain juga oernah mengalami kebakaran.

Nah kamu mau tahu istana kpresidenan negara mana saja yang pernah mengalami kebakaran simak 5 Istana Kepersidenan Yang Pernah Kebakaran berikut ini.


1. Istana Malacanang, Filipina

 Istana presiden ini terletak di sepanjang Sungai Pasig. Gedung ini dibangun oleh aristokrat asal Spanyol, Don Luis Rocha. Rancangan struktur istana ini kemudian dijual kepada Kolonel Jose Miguel Formente dan kemudian dibeli oleh negara pada 1825.

Setelah perang Spanyol-Amerika, istana ini menjadi tempat berkantor Gubernur Sipil Amerika. Pada 1863 istana ini mulai menjadi kediaman kepala negara.

Setelah Perang Dunia Kedua, istana ini menjadi tempat Mahkamah Agung selepas terjadi pertempuran di Manila pada Februari 1945. Pemerintah Filipina pernah berencana menghancurkan istana ini untuk dibangun gedung pencakar langit setelah istana ini hangus terbakar pada 1992. Namun rencana itu tidak jadi lantaran dana yang dibutuhkan tidak mencukupi. Presiden Fidel V Ramos kemudian memimpin pembangunan kembali istana ini.


2. Istana Kepresidenan Kairo, Mesir


Pada Februari bulan lalu Istana Kepresidenan di Ibu Kota Kairo, Mesir, sempat terbakar lantaran sejumlah demonstran marah dan melempari istana itu dengan bom molotov.
Para demonstran itu marah karena terbunuhnya lebih dari 50 orang pada unjuk rasa menentang Presiden Muhammad Mursi terkait hukuman mati oleh pengadilan terhadap 21 warga Kota Port Said. Mereka dijatuhi hukuman mati lantaran terlibat kerusuhan antar pendukung sepak bola pada Februari 2012.
Pihak keamanan menuding para demonstran yang membakar istana presiden itu mencoba merangsek masuk.


3. Gedung Putih, Amerika Serikat

 
 Presiden pertama Amerika Serikat George Washington memilih lokasi Gedung Putih pada 1791. Arsitek kantor presiden Amerika ini adalah seorang kelahiran Irlandia bernama James Hoban.
Pasukan Inggris pernah membakar gedung putih pada perang di tahun 1814. James Hoban kemudian ditunjuk untuk membangun kembali kediaman presiden itu. Presiden James Monroe kemudian menempati gedung itu pada 1817.

Pada 1902 Presiden Theodore Roosevelt merombak gedung putih besar-besaran. Kurang dari 50 tahun setelah itu struktur bangunan gedung Putih mulai menunjukkan kerapuhan. Presiden Harry S. Truman kemudian merenovasi Gedung Putih dengan bantuan arsitek Lorenzo Winslow.


4. Istana Kepresidenan La Moneda, Chili

http://www.indojamtangan.com
Istana presiden Chili ini dibangun oleh arsitek asal Italia Joaquin Toesca. Konstruksi bangunan istana ini dimulai pada 1784 dan mulai digunakan pada 1805. Istana ini juga pernah menjadi tempat pembuatan koin sejak 1814 hingga 1929.
Pada Juni 1845 semasa kepemimpinan Presiden Manuel Bulnes istana ini mulai digunakan sebagai kediaman presiden.

Pihak militer Chili pada 1973 sempat menyerang istana kepresidenan La Moneda dengan tank, jet tempur, dan tentara hingga istana itu terbakar.
Peristiwa yang terjadi pada 11 September selalu diperingati oleh warga Chili karena merupakan sejarah paling gelap bagi bangsa itu.


5. Istana Kepresidenan Nanjing, China
 
http://www.unikgaul.com
Istana ini terletak di kota kuno di wilayah sungai Yangtze. Kini istana seluas 120 meter persegi ini juga dijadikan museum sejarah kuno China.

Istana kepresidenan ini telah berumur lebih dari 600 tahun sejak awal Dinasti Ming.

Pada 1853 pasukan Taiping menduduki Kota Najing kemudian mereka memperluas bangunan istana. Dinasti Qingjun kemudian juga menyerang Nanjing dan membakar istana itu pada 1870.
Nah itulah beberapa istana kepresidenan di berbagai negara yang pernah mengalami peristiwa kebakaran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar